Ini Strategi Bisnis Ritel Yang Jarang Banyak Orang Tahu!

Apapun bisnis yang akan dijalankan pasti memiliki kompetitor, kecuali bisnis itu memang benar-benar baru dan belum pernah ada sebelumnya. Hal ini juga berlaku bagi siapapun yang akan memulai bisnis ritel.

Dibutuhkan strategi bisnis ritel yang bagus agar bisnis yang akan dijalankan bisa berjalan sukses dan menghasilkan profit yang menjanjikan maka penting menyusun sebuah strategi.

Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini sehingga untuk memulai bisnis yang satu ini hanya bermodalkan feeling dan keberanian saja. Tidak salah memang, tapi supaya bisnis ritel yang akan dijalankan bisa menghasilkan omset yang diharapkan, maka coba simak beberapa hal di bawah ini.

1. Mengerucutkan Target Pasar

Bisnis ritel yang bagus adalah bisnis ritel yang mampu menentukan target pasar dengan spesifik. Mengapa? Sebab jika target pasar yang ditentukan masih terlalu luas dan umum maka akan sangat sulit mendatangkan pelanggan.

Sebut saja produk yang di jual adalah kopi dengan harga 5 ribuan rupiah, maka target pasar yang cocok untuk produk yang satu ini adalah kelas menengah ke bawah. Bukan mereka yang suka nongkrong-nongkrong di gerai kopi yang gerai nya sudah dimana-mana. Begitu juga dengan produk yang lainnya, target pasar nya harus ditentukan dengan jelas dulu.

2. Utamakan Kualitas Pelayanan

Salah satu hal yang bisa menyebabkan pelanggan terus berdatangan ke toko ritel yang sudah di buka adalah kualitas pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Hal ini harus benar-benar diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele. Berapa banyak pelanggan yang berpaling dan pindah ke toko lain karena hanya merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan. Oleh karena itu, kualitas pelayanan ini harus terus ditingkatkan setiap saatnya.

3. Jangan Gaptek

Bisnis ritel saat ini mulai terdistrupsi oleh bisnis e-commerce yang sudah menjamur di Indonesia. Kemudahan yang ditawarkan oleh bisnis e-commerce menjadikan banyak pelanggan yang merasa ketagihan untuk berbelanja disana. Oleh karena itu, saat ini bisnis ritel juga harus sudah bisa memanfaatkan teknologi untuk bisa menarik banyak pelanggan lagi. Jangan gaptek atau gagap teknologi. Sebab jika tidak seperti itu bisnis ritel yang dibuka sudah dipastikan tidak akan bertahan lama.

4. Promosi dengan Efektif

Salah satu hal yang menjadi kunci dari sebuah bisnis adalah promosi. Tapi banyak juga dari pelaku bisnis yang tidak memahami bagaimana promosi yang efektif itu harus dijalankan.

Malahan tidak sedikit juga yang sudah habis-habisan menggelontorkan uang untuk promosi tetapi omset tidak juga bertambah. Oleh karenanya, salah satu strategi bisnis ritel yang tidak boleh dilewatkan adalah menyusun strategi promosi yang efektif. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah gunakanlah hari-hari besar untuk memberikan diskon agar menarik hati calon pelanggan.

5. Datangkan Banyak Pelanggan Baru

Bisnis ritel yang baik adalah bisnis yang pertumbuhan pelanggannya terus meningkat. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak pelanggan baru yang datang ke toko ritel yang telah dibuka setiap harinya.

Banyak strategi yang bisa dijalankan seperti memberikan kesan pertama yang tidak bisa dilupakan, mendekor atau mendesain toko dengan sesuatu yang unik, dan masih banyak lagi yang lainnya. Artinya, buatlah pelanggan merasa nyaman saat berbelanja pada toko ritel yang akan dibuka.

Nah itu dia lima strategi bisnis ritel yang harus benar-benar diperhatikan jika akan memulai bisnis yang satu ini. Jika kelima hal tersebut dari awal sudah diperhatikan dan dipertimbangan dengan matang, maka jangan takut untuk memulai bisnis ritel ini. Percaya saja, bisnis ini cukup menjanjikan jika dijalankan dengan serius.

About the Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *